ANAK ADALAH MASA DEPAN – PESAN PERAYAAN HARI ANAK MISIONER KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG 2014


Hari Anak Misioner 2014

Lebih dari 10.250 orang memadati Kompleks Misi Muntilan untuk mengikuti Perayaan Hari Anak Misioner 2014. Meski Muntilan diguyur hujan sejak pagi, antusiasme PIA/PIR dan para pendamping dari 72 Paroki di KAS tidak berkurang.

Minggu, 5 Januari 2014, jalan-jalan menuju Kompleks Misi Muntilan macet. Banyak bis-bis besar dan kecil, serta mobil-mobil memadati badan jalan. Tapi justru tidak banyak orang yang lalu lalang. Lalu di mana para penumpangnya? Ternyata mereka semua berkumpul di Kompleks Misi Paroki Santo Antonius Muntilan.

Lebih dari 10.250 orang memadati Kompleks Misi Muntilan. Lebih dari 7.500 diantaranya adalah para PIA dan PIR dari 72 paroki di Keuskupan Agung Semarang. Meski Muntilan diguyur hujan sejak pagi, antusiasme mereka untuk datang ke Muntilan tidak berkurang. Duduk bergerombol-gerombol di bawah tenda-tenda yang tersedia, para PIA/PIR dan pendampingnya ini sedang merayakan Hari Anak Misioner tahun 2014.

Tema yang diusung dalam Perayaan Hari Anak Misioner tahun ini adalah “Aku Anak Katolik: Hati Berseri Ikut Bermisi di Era Teknologi Informasi.” Dengan tema ini, baik para pendamping maupun PIA/PIR diajak untuk memanfaatkan sebaik-baiknya kemudahan teknologi informasi yang ada saat ini untuk menjadi misioner-misioner dimana saja. Semuanya diajak untuk tidak terjebak dan tergiur dengan pengaruh buruk dari teknologi informasi. Namun sebaliknya menggunakan teknologi informasi untuk mewartakan kabar sukacita seluas-luasnya. Apalagi sekarang, saat alat-alat komunikasi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup sehari-hari.

Hari Anak Misioner 2014

Misa Konselebrasi Perayaan Hari Anak Misioner 2014 di Kompleks Misi Muntilan yang sedianya akan dipimpin oleh 20 imam, hanya dipimpin oleh 9 orang imam. Meski demikian, Misa tetap berjalan dengan lancar dan penuh semangat. Dari kiri ke kanan, Rama Surya (Pastor Kepala Paroki Santo Antonius Muntilan), Rama Nurwidi, Uskup Pujasumarta, Rama Harjito, dan Rama Sukendar (tertutup lilin).

Acara pertama adalah Misa Konselebrasi  Peringatan Hari Anak Misioner Sedunia. Misa ini rencananya akan dipimpin oleh 20 orang pastor. Namun karena satu hal dan lainnya, hanya ada sembilan pastor, antara lain Uskup Agung Semarang, Direktur Nasional Karya Kepausan Indonesia, Direktur Diosesan Karya Kepausan Indonesia, Vikaris Jendral Keuskupan Agung Semarang, dan tentu saja Rama Paroki Santo Antonius Muntilan. Meski panitia agak kerepotan ketika akan membagikan komuni karena jumlah imam tidak sesuai yang direncanakan, namun secara umum Misa berjalan dengan lancar dan penuh semangat. Para pendamping dan PIA/PIR bersemangat menyanyi dan menjawab seruan Imam.

ANAK ADALAH MASA DEPAN

Hari Anak Misioner 2014

“Anak adalah masa depan,” demikian disampaikan oleh Uskup Pujasumarta dalam homilinya. “Barangsiapa merangkul anak-anak, dia mempunyai masa depan.”

Bapa Uskup Mgr. J. Pujasumarta, Pr., Uskup Keuskupan Agung Semarang, dalam homilinya berkali-kali menegaskan bahwa anak adalah masa depan. Hanya mereka yang merangkul anak-anaklah yang mempunyai masa depan. Demikian pula Gereja. Jika ingin Gereja mempunyai masa depan, kita harus merangkul anak-anak. Dalam kesempatan itu pula, Uskup Pujasumarta juga menyampaikan terima kasih yang dalam kepada seluruh anak-anak yang hadir dalam acara Perayaan Hari Anak Misioner karena telah memberikan banyak berkah dan semangat bagi para pendamping, panitia, dan para rama. Anak-anak, menurut Uskup Pujasumarta, telah mengajari orang-orang yang dewasa, bagaimana menerima Yesus dengan hati yang polos dan penuh cinta. Rama Pujasumarta juga mengumpamakan anak-anak zaman sekarang seperti halnya bintang timur yang membimbing para majus dari Timur hingga menemukan Yesus.  Anak-anaklah yang akan menuntun kita menemukan Yesus pula.

Hari Anak Misioner 2014

Rama Harjito, Pr. mengacungkan dua jempol saat mengajak para PIA dan PIR melakukan tepuk salut.

Rama Romanus E. Harjito, O.Carm., Direktur Nasional Karya Kepausan Indonesia, dalam sambutannya mengucapkan salut atas terselenggaranya Perayaan Hari Anak Misioner tahun 2014 di Kompleks Misi Muntilan. Rama Harjito juga menyebutkan bahwa Perayaan Hari Anak Misioner ini didukung oleh SEKAMI atau Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner, sebuah gerakan internasional yang usianya pada tahun 2014 ini sudah 171 tahun.

Hari Anak Misioner 2014

Rama Nurwidi, Pr. dengan gayanya yang khas sedang menyapa seluruh PIA dan PIR yang hadir pada Perayaan Hari Anak Misioner 2014 di Kompleks Misi Muntilan.

Rama Markus Prawoto Nurwidi, Pr., Direktur Diosesan Karya Kepausan Indonesia sekaligus Direktur Museum Misi Muntilan, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada anak-anak yang telah hadir dalam Perayaan Hari Anak Misioner 2014 dan kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Perayaan Hari Anak Misioner 2014 di Muntilan. Museum Misi Muntilan memang seringkali mengadakan berbagai acara besar. Yang terakhir diadakan adalah gelar budaya “Paseduluran Tanpa Tepi” yang diadakan pada peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2013, di Lapangan Pastoran Pemda Muntilan.

EDUKASI MISIONER

Hari Anak Misioner 2014

Salah satu pentas seni yang ditampilkan dalam Perayaan Hari Anak Misioner 2014 di Kompleks Misi Muntilan: Topeng Ireng dari Paroki Santa Fatima Magelang.

Seusai Misa Konselebrasi, seluruh peserta yang hadir dipersilakan untuk menikmati santap pagi sambil menikmati berbagai hiburan dan pentas seni dari paroki-paroki peserta. Dalam Perayaan Hari Anak Misioner 2014 kali ini, PIA/PIR dan pendamping juga diajak mencermati edukasi misioner. Mereka dibagi-bagi berdasar bentuk tanda pengenal yang sudah dibagikan dan diajak mengenal tokoh-tokoh misioner di Pulau Jawa ini yang telah menyebarkan dan menyemaikan benih-benih iman Katolik di tanah Jawa. Harapannya tentu saja agar jiwa misioner PIA dan PIR semakin diperteguh.

Acara yang berlangsung dari pukul 08.30 sampai pukul 15.00 ini berjalan dengan lancar meskipun diikuti oleh puluhan ribu orang. Bagi peserta terbanyak dari paroki-paroki yang hadir, panitia telah menyediakan hadiah berupa satu buah keyboard dan empat buah gitar.

Silakan tinggalkan komentar, kritik, atau saran Anda di sini. Kami akan segera membalasnya sesegera mungkin. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: