ULANG TAHUN KE-75 RAMA BAGYA


Senin, 1 Juli 2013 lalu, rama paroki kita yang tercinta, Rama Joannes Subagya, SJ, merayakan ulang tahunnya yang ke-75. Sebetulnya Rama Bagya yang terkenal sederhana tidak menghendaki adanya pesta atau perayaan untuk ulang tahunnya. Namun atas petunjuk Rama Surya, perayaan ulang tahun tetap diadakan meski hanya sederhana. Perayaan ulang tahun Rama Bagya yang ke-75 ini dipanitiai oleh Wilayah IV.

75 th Rama Bagya_IMG_2495Acara perayaan yang utama tentu saja Perayaan Ekaristi Syukur bersama-sama dengan seluruh umat Paroki Santo Antonius Muntilan. Perayaan Ekaristi sendiri bagi Rama Bagya merupakan hal yang utama. Karena itu, dalam tiap kesempatan, Rama Bagya selalu mengingatkan agar umat terutama keluarga selalu aktif mengikuti Perayaan Ekaristi.

Perayaan Ekaristi Syukur untuk ulang tahun Rama Bagya ini dipersembahkan oleh Rama TB. Gandhi Hartono, SJ dari Seminari Menengah Mertoyudan dan Rama V. Suryatma Suryawiyata, SJ, rama Paroki Santo Antonius Muntilan. Rama Bagya juga turut mempersembahkan Ekaristi namun khusus hanya membacakan Injil saja. Dalam kotbahnya, Rama Gandhi berkelakar mengenai cerita seorang bocah yang meninggalkan sahabat yang dicintainya untuk mengikuti Kristus. Apakah bocah dalam cerita tersebut adalah Rama Bagya, beliau tidak berkomentar.

75 th Rama Bagya_IMG_2535Seusai misa, Rama Bagya menerima ucapan selamat dari umat di depan Gereja. Banyaknya umat yang hendak menyampaikan ucapan selamat, doa, dan hadiah kepada Rama Bagya, seperti tampak pada foto di atas, menunjukkan bahwa sosok Rama Bagya memang dicintai oleh umat Paroki Santo Antonius Muntilan. Selama ini, Rama Bagya selalu aktif mendampingi kaum muda dan anak-anak sampai ke lingkungan-lingkungan dan aktif memberikan pelayanan misa meski pun usianya sudah tidak muda lagi. Bahkan bulan lalu sempat jatuh sakit dan dirawat inap di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.

75 th Rama Bagya_IMG_2573Seusai misa dan menerima ucapan selamat dari umat, Rama Bagya beserta tamu undangan merayakan ulang tahun sederhana di Aula Paroki Santo Antonius Muntilan. Di aula, Rama Bagya dan hadirin dihibur dengan nyanyian dari anak-anak Lingkungan Petrus Balemulya, SMP Kanisius Muntilan, dan adik Laura.

Ketika acara potong tumpeng tiba, seluruh hadirin menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun bagi Rama Bagya. Rama Bagya terlihat sedikit berkaca-kaca ketika mendengarkan seluruh hadirin menyanyikan lagu tersebut sambil bertepuk tangan.

75 th Rama Bagya_IMG_2575Tumpeng yang dipotong oleh Rama Bagya ternyata tidak diserahkan kepada Rama Surya, Rama Gandhi, atau Rama Agustinus Agus Suwondo yang kebetulan sedang liburan di Indonesia. Tidak juga untuk Bapak Purwadi, ketua dewan awam Paroki Santo Antonius Muntilan. Oleh Rama Bagya, potongan tumpeng tersebut diserahkan kepada Laura, gadis kecil yang menemani ayah-ibunya menghadiri perayaan ulang tahun Rama Bagya.  Melihat hal itu, semua hadirin bertepuk tangan. Memang, Rama Bagya terkenal sangat memperhatikan anak-anak kecil. Rama Uskup Pujasumarta dalam kotbahnya ketika menutup acara Temu Raya Katekis 2013, Minggu, 7 Juli 2013 lalu mengatakan bahwa, hanya yang memperhatikan anak-anaklah yang mempunyai masa depan, seperti Rama Van Lith.

75 th Rama Bagya_IMG_2616Di antara begitu banyak hadiah yang diterima Rama Bagya, ada satu yang spesial. Rama Bagya menerima foto dirinya ketika memimpin misa Minggu Palma pada Pekan Suci 2013. Foto diri ukuran besar tersebut merupakan hadiah dari Wilayah IV. Tampak dalam foto, Bp. Al. Tamaji, ketua Wilayah IV sedang memperlihatkan foto Rama Bagya. Rama Bagya dalam pidatonya pada acara tersebut mengungkapkan rasa terima kasih dan syukurnya. Rama bersyukur karena telah dipestakan karena selama ini belum pernah Beliau merayakan pesta ulang tahun. Dalam kesempatan tersebut, Rama Bagya juga bercerita tentang masa kecilnya. (fib)

Silakan tinggalkan komentar, kritik, atau saran Anda di sini. Kami akan segera membalasnya sesegera mungkin. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: