PERTEMUAN APP 2013 I


MAKNA KERJA
INTISARI PERTEMUAN

Setiap orang mempunyai pekerjaan, entah besar entah kecil. Memang harus disadari bahwa ada beberapa orang yang belum mempunyai pekerjaan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Kita terus menerus diajak berdoa untuk mereka. Pekerjaan itu banyak ragamnya. Kita dapat menemukan maknanya tersendiri dalam setiap pekerjaan kita. Apa maknanya bagi kita? Pekerjaan yang kita lakukan tidak hanya sekedar untuk mendapatkan upah, namun bisa menjadi sarana bagi kita untuk mengolah kepribadian kita. Dalam pekerjaan itu kita diajak untuk semakin mendekatkan diri dengan Tuhan dan sesama. Maka dari itu jangan sampai pekerjaan kita justru semakin menjauhkan diri dari Tuhan. Bekerja adalah menghayati panggilan dan melaksanakan kehendak Tuhan.

TUJUAN

  1. Kita  mempunyai rasa bangga dan mempunyai rasa memiliki atas pekerjaan kita meskipun pekerjaan tersebut kecil dan sederhana. Jangan sampai kita meremehkan pekerjaan-pekerjaan kecil dan sederhana.
  2. Kita berharap dapat melaksanakan pekerjaan kita dengan gembira hati tanpa mengeluh dan mengesah.
  3. Dengan pekerjaan kita, kita dapat semakin dewasa, semakin merasa dekat dengan Tuhan dan sesama.
  4. Kita semakin menyadari bahwa bekerja adalah melaksanakan kehendak Allah.
JALANNYA PERTEMUAN
PEMBUKAAN
Nyanyian Pembuka
TANDA SALIB DAN SALAM
P : Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U : Amin
P : Terpujilah nama Tuhan
U : Kini dan selamanya
PENGANTAR DAN TOBAT
DOA PEMBUKA
P : Ya Allah asal dan tujuan hidup kami, terangilah dan berkatilah kami agar kami dapat merencanakan tugas dan pekerjaan dengan baik. Semoga Engkau juga berkenan mendampingi kami dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan kami. Curahkanlah anugerah-Mu ke dalam hati kami agar kami dapat menyelesaikan pekerjaan kami sampai tuntas. Semoga dengan demikian kami selalu bergembira menjalani tugas dan pekerjaan kami untuk semakin memuliakan dan meluhurkan nama-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U : Amin.
ILUSTRASI
Ibu Sinem adalah salah seorang warga sebuah paroki. Setiap pukul 07:00 pagi ia sudah berada di kompleks gereja untuk membersihkan halaman gereja dengan sapu miliknya yang amat sederhana. Melihat hal itu, pastor parokinya bertanya, “Ibu, pagi-pagi kok sudah sampai di gereja, apakah pekerjaan di rumah sudah selesai?” Ibu Sinem menjawab, “Romo, pekerjaan di rumah sudah selesai, apalagi saya sendirian di rumah. Jadi kalau pekerjaan di rumah sudah selesai, saya pergi ke gereja, bersih-bersih halaman gereja Romo. Saya tidak mempunyai apa-apa untuk dapat saya persembahkan kepada Tuhan. Saya hanya bisa menyapu. Saya gembira Romo bisa melakukan seperti ini. Saya hanya melaksanakan apa yang dikehendaki Tuhan.”
PERMENUNGAN
  1. Apa yang menarik dari cerita singkat tadi bagi Anda?
  2. Pekerjaan apa saja yang kita tekuni setiap hari?
  3. Apakah pekerjaan-pekerjaan harian (rutin) tersebut sudah kita jalani dengan penuh kegembiraan hati? Apakah kita menyadari bahwa pekerjaan-pekerjaan yang kita jalani merupakan panggilan dari Tuhan sendiri?
  4. Buah-buah apa saja yang dapat kita petik dari setiap pekerjaan kita? Apakah pekerjaan-pekerjaan harian kita sudah semakin mendekatkan diri kita dengan Tuhan dan semakin meneguhkan iman kita? Ataukah sebaliknya, kesibukan pekerjaan kita semakin menjauhkan kita dari Tuhan, mengabaikan kegiatan lingkungan dan kegiatan Gereja, atau bahkan Perayaan Ekaristi pun kalah oleh kesibukan kita?
Teks Luk 5:1-11
DOA SPONTAN
BAPA KAMI
DOA PENUTUP
P : Ya Allah yang mahakuasa dan kekal, Engkau telah mempercayakan bumi dan segala isinya kepada kami untuk kami olah dan kami pelihara. Engkau telah memberi kami tanah yang subur, yang dapat menumbuhkan tanam-tanaman untuk mencukupi kebutuhan hidup kami. Maka kami mohon berkatilah kami agar kami senantiasa giat bekerja untuk semakin memuliakan dan meluhurkan nama-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U : Amin.
PENUTUP
Pengumuman (dapat diadakan kolekte dan sesudah dirasa cukup selanjutnya mempersiapkan hati untuk memohon berkat Tuhan)
BERKAT
P : Tuhan beserta kita
U : Sekarang dan selama-lamanya
P : Semoga Allah Yang Mahakuasa memberkati kita Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus (masing-masing membuat tanda salib)
NYANYIAN PENUTUP
“Ya Tuhan aku datang melakukan kehendak-Mu”
Taut:
Comments
4 Responses to “PERTEMUAN APP 2013 I”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Allah Yang Mahakuasa memberkati kita Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus U : Amin Taut: Pertemuan APP 2013 I Pertemuan APP 2013 III Pertemuan APP 2013 […]

  2. […] Allah Yang Mahakuasa memberkati kita Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus U : Amin Taut: Pertemuan APP 2013 I Pertemuan APP 2013 II Pertemuan APP 2013 […]

  3. […] Allah Yang Mahakuasa memberkati kita Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus U : Amin Taut: Pertemuan APP 2013 I Pertemuan APP 2013 II Pertemuan APP 2013 […]

  4. […] Allah Yang Mahakuasa memberkati kita Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. U : Amin Taut: Pertemuan APP 2013 I Pertemuan APP 2013 II Pertemuan APP 2013 III Pertemuan APP 2013 […]



Silakan tinggalkan komentar, kritik, atau saran Anda di sini. Kami akan segera membalasnya sesegera mungkin. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: