Kemeriahan HUT Paroki St. Antonius Muntilan


Perayaan HUT Paroki ke-116 Dalam rangka 116 tahun paroki Santo Antonius Muntilan, beberapa kegiatan menarik untuk mengenang dan meneladan Santo Antonius, baik yang bersifat jasmani maupun rohani diselenggarakan. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada kali ini panitia tidak mengambil tema khusus. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan sebagai ajang kreativitas serta menumbuhkembangkan semangat solidaritas tersebut diantaranya Lomba Mural dan donor darah. Selain itu kegiatan yang bersifat jasmani, yaitu jalan sehat diadakan pada hari Minggu (06/06). Doorprize sebanyak 116 sesuai dengan usia paroki dan 4 hadiah utama diperebutkan sekitar 1000 peserta. Jumlah peserta diluar prediksi panitia, hingga membuat panitia sempat kewalahan karena jumlah peserta lebih banyak dari kupon undian yang disediakan.

Puncak acara HUT paroki

Puncak acara HUT paroki dimulai dengan perayaan misa Konselebrasi, Minggu (13/06). Perayaan misa yang dimulai pukul 07.30 dan berlangsung khidmat tersebut dipimpin oleh tiga rama Paroki Santo Antonius Muntilan, yakni FX. Arko Sudiono, SJ, Johanes Subagya, SJ, dan FX. Widoyoko, SJ. Antusiasme umat terlihat dari banyaknya umat yang hadir. Bahkan beberapa umat duduk lesehan di luar gereja karena tidak mendapat tempat duduk di dalam gereja.

Setelah misa Konselebrasi selesai perayaan dilanjutkan dengan Kesenian dan Pesta Rakyat. Mengawali pesta rakyat tersebut, persembahan drumband dari SD Marsudirini berhasil menarik perhatian umat untuk menyaksikan berbagai pertunjukan kesenian yang akan memeriahkan HUT paroki saat itu. Kesenian Jathilan dari SD Pangudi Luhur dan pertunjukan semacam Topeng Ireng yang dinamakan ‘Dayak Gresek-Gresek’ dari Paroki Santa Maria Lourdes Sumber melengkapi pertunjukan seni yang disuguhkan.

Disela-sela acara, diumumkan pemenang lomba Mural dan penyerahan hadiah. Juara pertama diraih oleh Lingkungan Yohanes Jagalan, juara kedua oleh Lingkungan Leo Agung Kendal Growong, juara ketiga oleh Lingkungan Maria Gupit, juara harapan pertama oleh Lingkungan Ignatius Johar, dan juara harapan dua oleh Lingkungan Petrus Canisius Karangwatu.

Berbagai pertunjukkan seni yang bertempat di halaman SMP Kanisius itu menutup rangkaian acara dalam memeriahkan 116 tahun Paroki Santo Antonius Muntilan. Serangkaian acara tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk mempererat kebersamaan dan kerukunan seluruh umat paroki serta mewujudkan rasa syukur dengan berbagi berkat kepada sesama.

Namun dibalik kemeriahan HUT paroki itu, panitia memiliki sedikit kendala. Waktu persiapan yang mepet dan ketika rapat beberapa lingkungan tidak datang membuat sosialisasi mengenai acara tersebut kepada umat menjadi terhambat. Tetapi meski terdapat beberapa kendala, semua acara berjalan dengan sangat lancar berkat bantuan dan doa seluruh umat. Harapannya, umat dapat lebih terlibat lagi dalam kegiatan gereja. [sisca]

Foto-foto selengkapnya: www.buletinjendela.co.nr/foto

Silakan tinggalkan komentar, kritik, atau saran Anda di sini. Kami akan segera membalasnya sesegera mungkin. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: