MISA LANSIA


Pada Natal 2009, Gereja Santo Antonius Muntilan menyelenggarakan misa Lansia. Seperti namanya, misa ini memang diperuntukkan untuk para lansia. Hal ini merupakan hal yang baru dan pertama dilakukan oleh Gereja Santo Antonius Muntilan. Gedung gereja dipadati oleh umat yang mayoritas adalah para lansia. Ternyata umat yang hadir mengikuti perayaan misa natal khusus itu cukup banyak. Misa konselebran yang dipimpin tiga pastor yaitu Rama Gandhi, Rama Bagya, dan Rama Widoyoko itu dimulai pukul 16.15, terlambat 15 menit dari waktu yang dijadwalkan. Meskipun demikian, tak mengurangi kekhusukkan umat dalam mengikuti misa.

Saat kotbah Rama Gandhi mengajak umat untuk bernyanyi, menyanyikan sebuah lagu campur sari, dengan syair yang telah diubahnya. Hal itu cukup membuat gayeng suasana. Dengan lagu tersebut Beliau ingin mengajak umat untuk terus berpengharapan dan tetap teguh dalam mengimani Yesus sebagai Sang Juru Selamat.

Pada perayaan natal sore itu, secara khusus ‘disisipkan’ ritual pengurapan minyak suci bagi umat yang berkenan menerima. Hampir seluruh umat yang memenuhi gedung gereja antusias menyambut pengurapan minyak suci tersebut.

Selesai misa, panitia telah menyiapkan hidangan ala kadarnya sebagai jamuan sederhana dan ucapan syukur. Umat yang hadir dapat menikmati hidangan yang telah disediakan di depan gereja sambil mendengarkan organ tunggal yang turut memeriahkan petang itu. [ri]

Comments
One Response to “MISA LANSIA”
  1. Martin Teiseran mengatakan:

    Saya pernah menjadi umat di paroki ini 1964-1968. Senang menemukan website ini, beritanya menarik. Bagi saya ini nostalgia karena waktu itu terjadi G30S dan saya pernah menjadi pengunci pintu gereja, ketika romo Reinders SJ sedang homili. Tetapi sayang tidak ada berita baru lagi. Tugaskan OMK dong…. Selamat merayakan Ekaristi hari Minggu.

Silakan tinggalkan komentar, kritik, atau saran Anda di sini. Kami akan segera membalasnya sesegera mungkin. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: