UNJUK KREATIVITAS SENI DAN BUDAYA PENDAMPING PIA DAN PIR SE-KEVIKEPAN KEDU


PIA dan PIR, merupakan suatu bagian penting dalam Gereja masa kini. Kita semua tahu, bahwa di era ini tak sedikit orang yang meninggalkan Tuhan. Sedikit banyak cukup meresahkan Gereja di masa sekarang atau untuk masa yang akan datang. PIA dan PIR merupakan suatu kumpulan aset Gereja yang sangat penting, karena mereka adalah calon-calon pemerhati iman dan perkembangan Gereja di masa depan. Kemudian, bagaimana mereka mampu membawa semangat iman, mengembangkan dan membagikan iman tersebut kepada orang lain di masa depan? Pertanyaan semacam ini kadang muncul. Solusi tepat yang memungkinkan adalah mendampingi mereka sedini mungkin mulai dari lingkup PIA atau anak-anak. Hal ini diharapkan mampu menanamkan dasar-dasar iman sejati kepada anak-anak melalui doa, komunikasi, interaksi, maupun kreativitas.

Beberapa waktu yang lalu, di Gereja St. Antonius Muntilan, tepatnya tanggal 25 Oktober 2009 bertempat di Aula Paroki, telah digelar suatu acara tahunan berupa pagelaran seni dari pendamping-pendamping PIA dan PIR se-Kevikepan Kedu. Tema yang diambil adalah “Unjuk Kreativitas Seni dan Budaya.” Kegiatan ini dikoordinasi oleh Ibu Susiwi, dari paroki Muntilan. Sebelumnya telah ada kegiatan-kegiatan lain yang menjadi acara tahunan, diantaranya “Parade Lagu Rohani” di St.Ignatius Magelang pada bulan Januari 2009 yang lalu, ada juga outbound yang telah diselenggarakan pada bulan April 2009. Rencananya juga akan diadakan camping rohani yang akan diselenggarakan di tahun 2010 mendatang.

Seperti yang telah diungkapkan dalam tema di atas, kegiatan ini berbentuk penampilan-penampilan kreativitas dari para pendamping PIA dan PIR tiap paroki yang berada di Kevikepan Kedu. Tujuan dari kegiatan ini, antara lain memberikan inspirasi pada para pendamping untuk lebih lanjut dibagikan kepada adik-adik PIA maupun PIR di Paroki masing-masing.

Adapun paroki-paroki yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, antara lain Paroki St. Antonius Muntilan, St. Theresia Salam, Paroki St. Mikael Panca Arga, St. Petrus dan Paulus Temanggung, St. Maria Lourdes Sumber, St. Yusup Pekerja Mertoyudan, St. Ignatius Magelang, Paroki Keluarga Kudus Parakan, dan lain-lain. Namun, ada juga Paroki yang berhalangan hadir dikarenakan ada acara paroki seperti Paroki St. Maria Fatima.

Penampilan-penampilan yang beragam mengisi acara yang meriah ini, seperti Tarian ‘Laskar Kristus Beraksi’ dari tuan rumah, Tarian ‘Topeng Edan’ dari Paroki Panca Arga, Tarian untuk akhir Ekaristi Syukur dari Paroki Salam, Puppet Show dari Paroki Temanggung, Lagu dan Tarian Rohani dari St. Yusup Pekerja Mertoyudan, Tarian ‘Topeng Ireng’ dari Sumber, dan masih banyak lagi. Kemudian, pesertanya sendiri beranggotakan minimal 15 orang. Selain itu, dalam acara ini dihadiri pula oleh para Animator dari Regio Jawa.

Acara kreatif ini mendapat berbagai komentar dari beberapa anggota grup. “Seru, dapat menambah keakraban. Selain itu, dapat memberdayakan dan menggali kreativitas,” ungkap seorang gadis yang ikut menari dari kelompok St. Yusup Pekerja Mertoyudan. Dia mengaku, untuk mempersiapkan kreativitas kelompoknya ini membutuhkan waktu 1 minggu.

Selain itu, masukan saran juga dipaparkan salah satu pendamping dari kelompok yang berasal dari Temanggung. “Seharusnya bukan kesenian budaya daerah yang ditampilkan di sini, tapi diharapkan merupakan suatu kreativitas yang muncul dari dalam PIA atau PIR itu sendiri,” tuturnya kepada Tim Liputan Buletin Jendela.

Berikut adalah daftar juara dalam kegiatan itu:
Juara I : St. Yusup Mertoyudan
Juara II : St. Antonius Muntilan
Juara III : St. Maria Lourdes Sumber
Harapan I : St. Petrus dan Paulus Temanggung
Harapan II : St. Theresia Salam
Harapan III : St. Ignatius Magelang
Juara Favorit : Stasi Juwono

Hadiah yang diberikan adalah dari hasil pengumpulan tiap paroki. Acara ini sebenarnya juga dimaksudkan untuk mempersiapkan kegiatan berikutnya, yaitu camping rohani tahun depan. Harapan dari kegiatan ini adalah supaya pendamping-pendamping bangkit menggerakkan PIA dan PIR. martin

Silakan tinggalkan komentar, kritik, atau saran Anda di sini. Kami akan segera membalasnya sesegera mungkin. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: