PENYAMBUTAN RAMA WIDOYOKO, SJ.


Rama Widoyoko, SJ

Jendela – Minggu, 30 Agustus 2009. Siang hari itu matahari bersinar agak terik. Puluhan orang memasuki kompleks Gereja St. Antonius Muntilan. Mereka mengiringi kepindahan Rama Widoyoko, SJ dari Baturetno, Wonogiri ke Paroki St. Antonius Muntilan.

Rama Widoyoko diantar sekitar seratusan umat dari Wonogiri. Para pengiring naik dua bus besar dan mobil-mobil pribadi. Mereka terdiri dari para bapak, ibu, dan suster. Rama Yuswan, kolega di Wonogiri, juga turut mendampingi. Namun, sayang kaum muda tidak tampak menyertai.

Kedatangan rama beserta para pengiring dari Wonogiri memang cukup lama ditunggu. Para fungsionaris Dewan Paroki sudah menanti sejak jam setengah dua belas. Namun, baru kira-kira pukul setengah dua rombongan datang. Rama Arko yang sudah berdiri di depan Pastoran langsung menyambut dan menyalami para tamu. Namun, begitu tiba, kebanyakan dari rombongan justru langsung menuju toilet. Maklumlah, perjalanan dari Wonogiri ke Muntilan cukup jauh dan butuh waktu lama. Ada juga beberapa umat yang langsung menyambangi Museum Misi Muntilan.

Setelah semua berkumpul di Aula Paroki, acara ramah tamah sederhana segera dimulai. Aula paroki menjadi penuh. Ternyata kursi yang disediakan tak mencukupi dan perlu ditambah. Bertindak sebagai pembawa acara, Saudari Lani dan Bapak Teguh. Acara yang dibawakan pun menjadi segar dan akrab.

Rombongan dari Baturetno diwakili oleh Bapak Wahyono dan dari Muntilan diwakili oleh Bapak Eddy Widyatmoko. Dalam pertemuan tersebut Rama Widoyoko dengan rendah hati minta pengertian umat Muntilan, jika nanti selama Beliau berkarya di Muntilan ada yang kurang cocok dengan hati umat. Beliau mengatakan hal tersebut karena Beliau telah lama bertugas di daerah-daerah luar jawa, seperti Sorong, yang mempunyai tata cara dan kebiasaan yang berbeda dengan di Jawa. Rama juga berpesan bagi umat di Wonogiri yang ditinggalkan agar tetap belajar.

Setelah acara ramah tamah selesai, dilanjutkan dengan makan bersama. Usai makan, para pengiring langsung berpamitan. Sebagian akan menuju Ganjuran dan sebagian langsung pulang. fib

Foto-foto lebih lengkap: www.buletinjendela.co.nr/foto

Silakan tinggalkan komentar, kritik, atau saran Anda di sini. Kami akan segera membalasnya sesegera mungkin. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: