HUT Paroki Santo Antonius Muntilan: “ANTONIUS MENGGUGAH KAUM MUDA”


gobak_sodor_dan_tarik_tambang (16) Bulan Juni telah berlalu, tetapi semangat dan kemeriahannya masih terasa hingga saat ini. Semangat menggelora OMK (Orang Muda Katolik) Muntilan dalam keterlibatannya pada perayaan HUT ke-115 Paroki Santo Antonius Muntilan patut mendapat acungan jempol. Rangkaian acara yang digagas oleh wilayah VII Paroki Santo Antonius ini, hampir seluruh panitianya adalah kaum muda.

Sesuai dengan fokus Pastoral Keuskupan Agung Semarang tahun 2009, “BERSAMA KAUM MUDA MENGGUGAH DUNIA”, tema yang diusung oleh panitia HUT paroki tahun ini, yaitu: “ANTONIUS MENGGUGAH KAUM MUDA”. Melihat realita yang ada, tak dapat dipungkiri bahwa keadaan kaum muda saat ini, khususnya OMK Gereja Santo Antonius Muntilan beberapa waktu belakang ini tampak kurang bergairah. Oleh karena itu, kaum muda wilayah VII ingin ‘menggugah’ OMK Muntilan untuk lebih aktif dalam kehidupan menggereja. Semangat ‘kebangkitan’ itu sudah mulai tampak setelah regenerasi kepengurusan OMK beberapa waktu lalu.

Rangkaian kegiatan dalam menyemarakkan HUT paroki bulan Juni lalu sudah dimulai sejak pertengahan bulan Mei 2009, yakni pelaksanaan berbagai lomba yang diantaranya, mewarnai untuk tingkat TK A – TK B, sepak bola mini untuk OMK, gobak sodor untuk ibu-ibu, dan tarik tambang untuk bapak-bapak.

Pada saat pelaksanaan lomba sepak bola, tarik tambang dan gobak sodor (24/05), umat terlihat sangat antusias mengikuti dan memeriahkan berbagai lomba yang dirancang panitia. Ini terbukti dari banyaknya umat yang memenuhi kompleks SMP Kanisius tempat berlangsungnya lomba, mereka pada umumnya ingin memberi dukungan pada teman-teman yang ikut berlomba mewakili lingkungannya.

Perlombaan mewarnai bagi adik-adik yang masih berada ditingkat TK A dan TK B dilaksanakan pada minggu pertama bulan Juni. Selain sebagai sarana untuk pengembangan bakat/potensial anak, juga sangat bermanfaat untuk melatih mental mereka dalam bersosialisasi. Dengan mereka berkumpul bersama teman-teman yang seiman, mereka juga mendapat pengetahuan tentang siapa Santo pelindung Gereja mereka, gambar yang mereka warnai disesuaikan dengan tema, yaitu Santo Antonius.

Puncak acara HUT adalah Misa Konselebrasi yang digelar tanggal 12 Juni 2009. Misa perayaan HUT paroki itu dipimpin oleh tiga rama, yaitu Rama Ag. Setyadarmono, SJ, rama dari Seminari Mertoyudan, bersama 2 rama paroki yaitu, Rama FX. Arko Sudiono, SJ dan Rama J. Subagyo, SJ. Pesan yang disampaikan tak lepas dari tema yang diusung oleh panitia, yaitu mengajak OMK untuk turut serta aktif dalam pengembangan Gereja.

Seusai Misa Konselebrasi, umat dimanjakan dengan acara hiburan dalam acara WEDANGAN BARENG DEN BAGUSE NGARSO. Panitia memang menghadirkan sosok humoris, den Baguse Ngarso, yang tampil pada acara penutup. Dalam acara itu, umat diajak membaur satu sama lain, sekedar bercakap-cakap dengan umat lain sambil menikmati suguhan jajanan ala kadarnya dan berbagai atraksi hiburan. Perarakan Lentera Tuhan dan patung Santo Antonius yang dimeriahkan juga dengan tari-tarian oleh OMK Paroki Santo Antonius, mengawali acara itu.

Acara semakin meriah saat Den Baguse Ngarso naik ke panggung bersama sahabatnya, Sronto, yang disusul 2 orang lagi yang menambah semarak acara di malam itu. Humor yang segar dan gayeng, dibawakannya dengan gayanya yang khas. Dalam guyonan mereka, mereka mengangkat tentang kehidupan menggereja dan sosial dalam masyarakat. Umat tampak terhibur, bahkan tak sedikit umat yang sampai terbahak-bahak mendengar celotehan Den Baguse dan kawan-kawan. Terdapat guyonan yang menampilkan adegan perselisihan. Inti dari pertunjukan itu adalah dalam setiap perselisihan, semua permasalahan dapat teratasi dengan baik, oleh karena satu keyakinan yang mereka imani yaitu Yesus Kristus dengan segala cinta kasih-Nya. Guyub rukun wonten ing asma Dalem…..[adipra]

Foto-foto kegiatan lebih lengkap dapat Anda lihat di sini.

Silakan tinggalkan komentar, kritik, atau saran Anda di sini. Kami akan segera membalasnya sesegera mungkin. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: