PAUS: KETAMAKAN DALANG KRISIS GLOBAL


 

Paus Benediktus XVI

By Umi Kalsum, Harriska Farida Adiati
VIVAnews – Rabu, 8 Juli 2009
Artikel telah sedikit penyesuaian.

VIVAnews – Paus Benediktus XVI menyalahkan sikap tamak dan egois sebagai dalang krisis finansial global. Pernyataan itu dimuat dalam ensiklik terbaru Paus. Surat edaran dari Paus kepada para uskup yang merupakan bentuk tertinggi dari ajaran kepausan tersebut akan dipublikasikan di malam pertemuan G8 di L’Aquila, Italia, pekan ini.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC, surat tersebut akan mengingatkan para pemimpin dunia, bankir, pebisnis, dan orang biasa akan kewajiban moral mereka. Edaran tersebut, "Caritas in Veritate" atau "Charity in Truth" adalah edaran ketiga yang dibuat Paus Benediktus sejak ditahbiskan menjadi Paus pada 2005.

Di hadapan pastor-pastor di Roma pada awal tahun, dua tahun lalu saat Paus Benediktus mulai menulis surat edaran tersebut, dia mengatakan, tidak ingin memberi jawaban sederhana atas pertanyaan kompleks mengenai ekonomi dunia. Namun dia akan menyebut secara rinci bahwa ketamakan dan keegoisan manusia sebagai akar penyebab krisis ekonomi.

Sementara sistem finansial global memerlukan perubahan, kata Paus Benediktus, masing-masing individu juga harus menyadari bahwa mereka harus berkorban secara pribadi untuk membantu kaum miskin dan bergerak menuju kehidupan yang lebih adil.

Jumat pekan ini, Paus Benediktus akan melakukan pertemuan pertama dengan Presiden Barack Obama di Vatikan. Obama akan memiliki kesempatan bertukar pikiran dengan Paus Benediktus mengenai kewajiban moral yang dihadapi para pemimpin negara pada 2009.

Silakan tinggalkan komentar, kritik, atau saran Anda di sini. Kami akan segera membalasnya sesegera mungkin. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: